Friday 21 August 2015

Cara Downgrade Windows 8 Ke windows 7

Tidak sedikit pengguna Windows 8 yang mengeluhkan OS ini dan ingin kembali lagi ke Windows 7. Keluhan tersebut bervariasi mulai dari cara penggunaannya yang sulit akibat belum terbiasa, ataupun karena ada beberapa game dan software favorit yang tidak berjalan lancar di Windows 8. Oleh karena itu salah satu cara yang sering ditempuh adalah melakukan install ulang lagi ke windows 7. Berikut ini WinPoin berikan langkah-langkah install ulang windows 8 ke windows 7 bagi kamu yang ingin kembali ke sistem operasi tersebut.
windows8kewindows7_0
 Persiapan
Pertama persiapkan bootable Windows 7, entah itu dari media DVD ataupun Flashdisk (Baca Juga : 2 Cara Membuat Flashdisk Bootable Windows 7). Dan jika Windows 8 yang ingin kamu install memiliki sistem UEFI, kamu bisa membuat bootable Windows 7 UEFI. Kamu bisa membaca Cara Membuat UEFI Bootable USB di Forum WinPoin. Selain itu ada baiknya juga kamu membackup data-data penting ke penyimpanan eksternal terlebih dahulu.

Disable UEFI

windows8kewindows7_1
Dikarenakan Windows 8.x menggunakan System UEFI yang membuat kamu tidak bisa boot ke sistem operasi lainnya. Oleh karena itu kamu perlu mengganti Boot mode dari EUFI menjadi Legacy di BIOS. Tetapi jika sebelumnya Windows 8 kamu sudah menggunakan Legacy BIOS maka kamu tidak perlu melalui tahap ini dan bisa langsung ke tahap selanjutnya yaitu installasi.

Instalasi

Untuk tahap Installasi, pertama atur boot ke media bootable yang kamu gunakan entah DVD ataupun Flashdisk. Disini WinPoin menggunakan Media Flashdisk.
Ikuti instruksi yang muncul dilayar. Dan ketika sampai pada tahap memilihan partisi, jika kamu menggunakan MBR (Master boot Record) yang tidak menggunakan sistem UEFI kamu dapat langsung memformat partisi Windows 8 dan menginstall Windows 7 di partisi yang kamu inginkan tersebut.
Tetapi jika sistem menggunakan UEFI, kamu tidak akan bisa menginstall windows 7 karena windows 8 tersebut menggunakan partisi GPT.
windows8kewindows7_2
Agar dapat menginstall windows 7. Kamu perlu menghapus partisi dan membuat partisi baru dengan cara pilih “Drive Options” lalu hapus partisi yang diinginkan kemudian pilih “Delete” dan membuat partisi baru dengan pilih “New” lalu tentukan ukuran partisi yang diinginkan.
Setelah berhasil melakukan installasi Windows 7 dan kamu akan diarahkan ke desktop. Kamu bisa memulai beberapa hal yang diperlukan pada OS baru kamu.

Itulah cara install ulang dari Windows 8 ke Windows 7. Mudah sekali bukan? Jika ada pertanyaan seputar instalasi ini bisa kamu tanyakan langsung di Forum WinPoin. Ikuti terus WinPoin untuk tips, news, dan berbagai artikel menarik seputar Windows lainnya.

No comments :

Post a Comment